21 Short Interview: Amelia Hapsari


riri riza

Bersama dengan Chandra Tanzil, Amelia Hapsari Mengarahkan Jadi Jagoan A la Ahok yang berhasil memenangkan kategori Film Pendek Dokumenter Terbaik di ajang XXI Short Film Festival 2013. Mengapa Chandra Tanzil dan Amelia Hapsari memilih Ahok untuk menjadi topik bahasan utama film dokumenternya dan bagaimana proses pembuatan film tersebut? Simak wawancara XXI Short Film Festival bersama Amelia Hapsari berikut:

 

Q: Apa sih yang sebenarnya ingin diceritain dalam Jadi Jagoan A la Ahok?

A: Kami ingin Jadi Jagoan A la Ahok menceritakan tentang seorang politisi daerah yang ingin jadi wakil rakyat tanpa menggunakan uang secara berlebihan untuk kampanyenya.

 

Q: Kenapa Ahok yang dipilih untuk menjadi sentral penceritaan film?

A: Waktu itu In-Docs dan Salto Films berencana untuk memproduksi serial dokumenter tentang tokoh-tokoh dari kalangan Tionghoa. Kebetulan Ahok mau kampanye. Maka Ahok kemudian dipilih untuk menjadi salah satu karakter sentral dalam film pendek yang dibuat.

 

Q: Apa saja yang sebenarnya dibutuhkan oleh pembuat dokumenter sebelum memulai proses produksi film mereka?

A: Perlu adanya pengembangan kisah yang lebih lanjut dalam topik yang ingin diangkat. Contohnya kampanye Ahok tadi. Kampanye punya dramatic arc dan katanya situation is not a story. Meski ada karakter yang berada dalam situasi menarik, belum tentu dia punya cerita menarik. Kita harus dengan jeli memilih dan mengembangkan sisi menarik apa yang ingin kita hadirkan kepada penonton.

 

Q: Ada tantangan atau rintangan menarik yang diahadapi selama mengikuti dan memfilmkan kegiatan Ahok selama kampanye?

A: Tantangannya justru datang dari kegiatan kampanye Ahok, seperti Ahok harus menghadapi partai yang minta uang, warga yang minta bantuan bola, para pemuda yang melamar jadi tim suksesnya. Tantangan-tantangan seperti itu kebanyakan.

 

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses produksi Jadi Jagoan A la Ahok?

A: Kalau cuma produksi berjalan selama enam minggu.

 

Q: Sekarang ngomongin soal XXI Short Film Festival 2013. Ceritain dong pengalaman selama mengikuti kompetisi kemaren.

A: Asyik-asyik aja. Deg-degan juga sih selama ngikutin dan nungguin hasil kompetisi. Tapi yang paling seru tentunya kesempatan bisa ketemu dengan banyak pembuat film pendek lain dari seluruh Indonesia. Priceless.

CONNECT WITH US ON